Dahsyatnya Beriklan di Facebook

Beberapa waktu lalu saya mengikuti pelatihan pemasangan iklan di Facebook dan ini jadi pengalaman sangat berharga dan daging semua ilmunya. Sebetulnya saya sudah pernah beberapa kali beriklan di Facebook, sejak empat atau lima tahun lalu. Saat itu saya beriklan karena diminta kantor untuk mempromosikan sebuah event, lumayan banyak sih tanggapan dari iklan tersebut. Kemudian saya juga pernah beriklan untuk beberapa komunitas yang saya tangani. Ini pun tujuannya hanya untuk meningkatkan kewaspadaan publik terhadap komunitas kami.

Photo by Austin Distel on Unsplash

Tiga bulan yang lalu saya bergabung dengan Akademi Bisnis Digital atau sering disingkat ABDi, sebuah perusahaan atau katakanlah start-up yang bertujuan memberukan pendidikan bisnis atau marketing online dengan biaya murah tetapi sangat terpadu dan berkesinambungan. Saya sebut murah karena memang kenyataannya seperti itu, hanya dengan Rp100.000,00 kita mendapatkan akses atau fasilitas pembelajaran yang melimpah baik berupa video, webinar, tutorial, sampai perangkat atau tools berupa video, foto, dan copywriting yang dapat kita gunakan untuk praktik.

Dengan biaya registrasi senilai katakanlah tiga kali makan di warteg itu kita dapat bimbingan selamanya hingga kita mampu menjalankan bisnis online. Nah, salah satu materi bimbingan tersebut adalah beriklan di Facebook. Secara garis besar, ada dua macam iklan di Facebook. yang pertama adalah memanfaat free traffic atau lalu lintas gratis di Facebook yang selama ini memang ramai hiruk pikuk. Cara ini memang tidak terukur dengan baik tetapi lumayan menghasilkan kerumunan orang melihat postingan kita, baik di Feed maupun di Story.

Yang kedua adalah iklan berbayar. Nah, untuk jenis iklan berbayar ini kita dapat mengatur sesuai keinginan kita. Saya tidak ingin merinci secara detail cara beriklan berbayar di Facebook ini di sini. Saya hanya akan memberi gambaran secara umum. Untuk beriklan di Facebook ini kita dapat menentukan kampanye (campaign) apa yang kita lakukan dan tujuan dari beriklan. Tujuannya bisa mendatangkan traffic di website, like di fanpage, klik di video atau mengumpulkan data calon konsumen.

Setelah menetapkan kampanye dan tujuannya, kita dapat mengatur audiens yang akan kita sasar atau target. Di sini kita dapat menentukan lokasi, usia, jenis kelamin, minat dan ketertarikan. Setelah itu, kita dapat menentukan anggaran iklan kita, mulai dari Rp20.000,00 per hari. Biaya iklan ini juga dapat dikatakan sangat murah dibandingkan beriklan secara konvensional zaman dulu di radio, surat kabar atau televisi. Enaknya lagi, kita dapat langsung melihat hasil dari iklan kita. Apabila kita merasa kurang tepat sasaran, kita juga dapat mengedit iklan kita untuk mencari sasaran yang lebih tepat lagi. Iklan dapat berupa foto (poster) ataupun video dan bayarannya sama saja.

Efek dari iklan di Facebook ini sungguh dahsyat. Kebetulan kemarin diajarkan oleh ABDi membuat iklan dengan target mengumpulkan data calon konsumen dengan teknik split test. Akhirnya saya menemukan harga termurah dari biaya per leads (per prospek) dan mendapatkan data tidak kurang dari 150 prospek dalam waktu 5 hari yang siap di-follow up. Luar biasa.

Kalian yang memiliki produk atau memiliki toko online layak untuk mencoba beriklan di Facebook dan juga Instagram. Oleh karena FB dan IG ini satu group maka kita akan bisa menentukan iklan akan muncul di salah satu medsos ini atau di keduanya. Sebetulnya tidak hanya untuk toko atau jualan produk secara online, untuk mendatangkan pengunjung di website kita atau di video kita, iklan di Facebook ini juga sangat layak dipertimbangkan.

Memang benar, dunia maya atau daring ini semakin mempermudah dan mempermurah kita melakukan promosi dan pemasaran secara umum.

Untuk informasi tentang pelatihan beriklan di Facebook bersama Akademi Bisnis Digital (ABDi) dan belajar Marketing Online secara keseluruhan, silakan hubungi WA Essenzo Digital: 0838-7054-1235

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s