Lima Langkah Mudah Menggunakan Google Forms

Beberapa waktu lalu saat mengadakan kegiatan yang melibatkan banyak orang, hingga 100 orang lebih, seorang teman kebingungan membuat daftar atau mengatur data yang masuk dari peserta. Kini hal semacam ini seharusnya sudah tidak jadi masalah lagi karena ada Google Forms yang sangat membantu.

Google Forms sangat bermanfaat untuk mengumpulkan data yang berupa pendaftaran, order produk, atau survei. Semua itu dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan murah.

Cara Membuat Form dengan Google Form:

Pertama. Masuk ke website Google Form. Masuk atau log in dengan gmail yang kita miliki. Pilih Personal – Go to Google Forms.

Kedua. Di Google Forms sudah tersedia beberapa template yang langsung bisa kita pakai seperti Event Registration, RSVP, Contact Information, Party Invite. Tentu saja, kita dapat memodifikasi sesuai kebutuhan kita, termasuk mengganti bahasa dan gambar.

Pilih template yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan kita, misalnya Event Registration untuk membuka pendaftaran acara yang akan kita selenggarakan. Lalu kita tetapkan apa saja informasi yang ingin kita kumpulkan dari calon peserta, misalnya nama lengkap, alamat, nomor telepon, tanggal lahir dan seterusnya. Kita bisa menambah atau mengurangi daftar pertanyaan yang ada.

Isian dalam form ini juga bisa kita variasikan, tidak hanya dalam bentuk teks atau angka. Akan tetapi juga bisa berupa multiple choices (pilihan ganda) atau checkbox.

Ketiga. Setelah isian dalam form kita lengkap, kita bisa kirim link dari form ini ke email atau ke WA calon peserta dan media sosial kita. Bisa juga kita pasang di website kita dengan memilih tanda code <>. Form kita akan terlihat profesional. Oh ya, jangan khawatir kita masih dapat merevisi form kita di tengah perjalanan apabila diperlukan.

Keempat. Calon peserta yang sudah mendapatkan link tinggal klik dan mengisi form secara online. Tanggapan atau respons dari form yang kita kirim ke calon peserta tersebut dapat langsung kita lihat di bagian Responses dan hasilnya bisa kita lihat dalam bentuk Sheets yang dapat kita ubah menjadi file excel, misalnya. Data yang kita dapatkan sudah tersusun rapi.

Klik tanda Sheets di bagian responses untuk mendapatkan tabel yang sudah tertata rapi.

Kelima. Survei atau form kita ini bisa hentikan penerimaan respons-nya kapan saja dengan cara menggeser tombol “Accepting responses” yang ada di bagian respons. Dengan begitu, calon peserta sudah tidak bisa mengisi form lagi. Hasil form ini tersimpan di Google Drive seperti yang telah kita pelajari penggunaannya di tulisan ini. Hasilnya bisa kita share atau bagi ke orang lain juga dengan cara yang sama saat berbagi file di Google Drive.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s