Cara Memilih Telur yang Baik

Beberapa hari lalu saya membeli 30 butir telur untuk persediaan di rumah di sebuah jaringan toko sembako terkemuka di dekat rumah. Saat itu yang tersedia hanya telur Omega 3 dan dijual per butir. Saya memilih telur yang kira-kira kondisinya baik. Saya hanya memperhatikan ukuran dan kemulusan kulit telur. Maklum masih belum paham cara memilih telur yang baik.

Telur-telur setelah melalui seleksi ketat. Sumber: Dok. Pribadi.

Ketika sampai di rumah, istri mau merebus beberapa dari telur tersebut. Dia mendapati beberapa telur tersebut mengambang atau melayang ketika dimasukkan ke panci berisi air, bukan tenggelam. lalu dia bilang, sepertinya telur-telur ini tidak dalam kondisi baik sepengetahuan dia. Saya pun ragu-ragu lalu bertanya-tanya bagaimana sih sebenarnya kondisi telur yang baik.

Zaman sekarang informasi mudah sekali didapat. Saya lalu browsing Youtube mencari cara memilih telur yang baik. Akhirnya saya menemukan video yang dengan gamblang menjelaskan cara memilih telur yang masih kondisi baik.

Cara membedakan telur yang baik dengan yang buruk.

Dari video tersebut, ada tiga cara untuk memeriksa telur masih dalam kondisi baik atau buruk, yaitu:

  • Dengan mengguncang-guncang telur dan mendengarkannya. Telur yang masih baik tidak menimbulkan bunyi guncangan atau “koplok-koplok”. Sebaliknya, telur yang buruk akan berbunyi ketika diguncang.
  • Dengan menyinari menggunakan lampu senter. Telur dalam kondisi baik tidak memunculkan bayangan kuning telur, jadi posisi kuning telur masih di tengah. Telur yang buruk akan menunjukkan bayangan gelap di salah satu ujungnya.
  • Dengan mencelupkan ke dalam air. Telur yang buruk akan mengambang atau melayang di permukaan air, sedangkan telur yang baik akan tenggelam di dasar air. Akan tetapi, dari telur yang tenggelam masih bisa dibedakan dalam dua kelompok. Telur yang tenggelam dengan posisi horisontal/mendatar lebih baik dibandingkan telur yang tenggelam secara vertikal/berdiri.
Telur yang baik tenggelam (kanan), telur yang buruk (melayang). Sumber: resepmasakantelur.com

Jika kita memeriksa telur di warung atau di toko tentu yang paling bisa kita lakukan adalah dengan cara mengguncang. Cara menyinari dengan lampu senter mungkin saja kalau kita selalu bawa lampu senter. Sedangkan cara ketiga dengan mencemplungkan ke air sangat tidak mungkin kita lakukan.

Beberapa hari kemudian saya beli lagi telur di toko tersebut dan kebetulan stock telur mereka sedang banyak sehingga saya leluasa memilih dengan cara mengguncang-guncang satu per satu telur-telur tersebut. Memang jadinya agak sedikit lama saat memilih telur, tetapi kita akan puas mendapatkan kondisi telur yang baik.

Selamat mengguncang eh mencoba. šŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s