Berbagi File via Google Drive

Berbagi file kini sangat mudah dengan cloud tehnology. (Sumber: titanfile)

Nanti file foto dan video diunggah ke Google Drive saja. Supaya mudah dan cepat dapat diakses oleh siapa saja,” begitu ujar seorang kolega dalam sebuah kesempatan.

Pesan ini kemudian saya sampaikan ke teman-teman lain dalam sebuah grup WA yang terkait dengan pekerjaan tersebut. Ternyata tidak semua orang familiar dengan Google Drive ini. Google Drive sebagai salah satu Cloud System, fungsinya sangat banyak membantu aktivitas kita, terutama dalam kondisi yang serba online seperti sekarang.

OK, salah satu fungsi Google Drive adalah berbagi file yang dapat diakses oleh banyak orang dari mana saja. Bagaimana caranya? Buat teman-teman yang belum pernah menggunakan, silakan ikuti caranya yang sangat mudah seperti berikut.

Pertama, tentu saja kita masuk ke Google Drive. Kita bisa menggunakan versi web ataupun app. Apabila kita menggunakan laptop untuk akses Drive, kita dapat menggunakan versi web di www.drive.google.com.

Kalau kita menggunakan ponsel, sebaiknya install app dari App store (iPhone) atau Google play (Android). Di semua ponsel berbasis Android sepertinya app Drive sudah disematkan bersama app-app bawaan lain dari Google. Apabila tidak ada, kita bisa mengunduh di Google play.

Silakan klik sesuai ponsel Anda.

Kedua, setelah meng-install app Google Drive atau masuk ke we-nya, kita akan diminta membuat akun. Kalau kita sudah memiliki alamat gmail, maka dengan mudah kita gunakan email tersebut untuk registrasi akun. Kita akan mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 15GB gratis.

Ketiga, lalu kita akan memulai berbagi file atau memasukkan file ke dalam folder Google Drive kita. Caranya sangat mudah. Klik tanda tambah (+) yang ada di pojok bawah.

Tap tanda panah untuk menambah file atau folder.

Kalau file tersebut akan dimasukkan folder, buatlah folder dengan memilih terlebih dahulu tanda folder. Lalu beri nama folder tersebut.

Beri nama folder tersebut sesuai yang kita inginkan.

Kemudian masuk ke dalam folder tersebut dan upload file yang ingin kita masukkan dengan memilih tanda upload.

Pilih tanda upload

Keempat, setelah selesai proses upload, apabila kita ingin membagikan file tersebut ke teman, tinggal pilih tombol share atau copy link lalu kita bagikan ke WA atau aplikasi kirim pesan lain. Bisa juga kita letakkan di email kita.

Pilih share atau copy link

Kita juga bisa mengatur sifat berbagi tersebut ke teman dengan memilih viewer, commenter atau editor. Kalau kita memilih viewer maka teman hanya bisa melihat tanpa bisa mengedit. Kalau kita memilih commenter, maka teman hanya bisa melakukan komentar terhadap file tersebut. Kalau kita pilih editor maka teman tersebut memiliki kemampuan untuk mengunduh dan mengedit.

File yang dapat kita bagi ke Google Drive hampir semua jenis file, dari foto, video, file kantoran seperti word, excel dan pdf. Kita juga dapat mengakses file-file tersebut kapan dan di mana saja untuk mengeditnya, atau sekadar melihat kembali.

OK, selamat mencoba.

One thought on “Berbagi File via Google Drive

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s