Ritual Bulan Juni

Lapak majalah seperti ini suka bikin ngiler. (Sumber: britannica.com)

Juni bagi saya selalu jadi bulan yang istimewa. Alasannya biasa, pada bulan inilah tanggal lahir saya berada. Dan kebetulan pula, ada beberapa tanggal penting pada bulan ini, hari lahirnya Pancasila, hari lahirnya Bapak Pendiri Bangsa kita sekaligus salah satu Proklamator Kemerdekaan NKRI, Soekarno, Hari Ulang Tahun DKI Jakarta, dan kini ditambah dengan hari lahir Bapak Presiden yang sekarang, Pak Jokowi.

Pada bulan ini juga ada peringatan International Day of Yoga yang jatuh pada 21 Juni. Sama dengan tanggal lahir saya dan Pak Jokowi, Pak Ignasius Jonan juga kalau mau ditambahkan. Hehehe…

Dulu saat awal-awal kerja, secara pribadi selalu merayakan atau setidaknya menandai hari ulang tahun saya dengan kebiasaan yang mungkin tidak biasa bagi teman-teman. Tepat pada hari ulang tahun saya, saya membeli hampir semua majalah dan koran yang terbit saat itu. Kalau koran saya beli yang terbit tepat pada tanggal 21 Juni. Sedangkan majalah yang terbit bulan Juni atau minggu hari kelahiran. Oh ya, tentu saja majalah yang saya sukai ya.

Majalah yang saya sukai atau saya baca ya Tempo, Matra, Hai, dan kadang beli beberapa majalah komputer, Intisari, dan Swa. Saya sendiri tidak tahu alasan pastinya saya melakukan hal itu. Yang jelas saya memang lebih suka baca majalah dan koran, ketimbang baca buku. Sejak SD saya sudah suka membeli majalah anak-anak, tidak berlangganan karena orang tua saya bukan orang yang mampu berlangganan. Berlangganan apa pun, tidak hanya majalah.

Biasanya saya menabung dari uang jajan atau uang pemberian Pak Dhe, Bu Dhe. Majalah yang saya beli dan baca seingat saya ada Majalah Kuncung, Kuncup, Ananda, Tom Tom, Kawanku, dan Bobo. Saya tidak ajeg membelinya. Kadang sebulan sekali, kadang dua bulan baru beli. Tergantung kapan uang tabungan sedang banyak. Kalau tidak beli, saya nebeng baca di rumah teman yang berlangganan atau pinjam di perpustakaan.

Kebiasaan suka baca majalah terbawa sampai SMP, SMA dan kuliah. Ketika SMP sampai SMA saya baca Hai, Mode, Anita Cemerlang, kadang-kadang mengintip majalah Gadis juga. 🙂 Zaman SMP-SMA ini saya juga membeli kalau lagi punya uang saja, tidak pernah berlangganan. Salah satu toko majalah dan buku favorit di Kota Tubanmajalah, namanya Toko Nam. Meskipun toko atau lebih tepatnya kios ini kecil, tetapi memiliki koleksi majalah yang sangat lengkap menurut ukuran saya kala itu.

Lalu zaman kuliah saya mulai baca Tempo, Editor, Tabloid Monitor, Matra, Swa(Sembada), InfoKomputer dan beberapa majalah lain. Nah, pada saat kuliah di Bandung saya menemukan “surga” untuk mencari majalah dengan harga murah. Saya sering nongkrong di Cikapundung untuk memilih-milih majalah bekas yang masih dalam kondisi baik. Umumnya terbitan telah seminggu atau dua minggu atau satu periode terbitan.

Uang kiriman dan tabungan dari beasiswa saya sisihkan untuk membeli majalah bekas ini. Saya bisa berlama-lama memilah-memilih di lapak-lapak di sepanjang Jembatan di atas Kali Cikapundung, Bandung ini.

Saat sudah mulai bekerja saya mulai dapat membeli atau berlangganan majalah yang saya sukai, baik majalah dari dalam negeri maupun luar negeri. Majalah luar yang pernah saya langgan adalah Time, Newsweek, dan The Economist. Hingga akhirnya era majalah cetak ini mulai berkurang karena terganti versi digital. Saya pun menghentikan langgganan beberapa majalah. Akan tetapi, beberapa tahun terakhir saya mulai langganan mahalah lagi sesuai minat yang mulai muncul, yaitu majalah Yoga Journal. Sesekali beli Fast Company dan Wired.

Sebetulnya keasyikan baca majalah cetak belum dapat tergantikan dengan versi digital, sama halnya dengan buku. Dalam hal ini saya masih masuk dalam golongan kolonial, bukan milenial. Hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s