Mari Berlari (tidak dari Kenyataan)

Salah satu Run Race di Monas Jakarta

Oh ya, saya belum cerita tentang hobi baru saya di sini, yang mulai tahun lalu aku lakukan. Apakah itu? Lari. Meskipun saat ini terhenti sejak kebijakan karantina dan PSBB di Jakarta terkait Covid-19, saya sungguh menyenangi hobi menyehatkan ini.

Bermula ketika ITB mengadakan Ultra Marathon, lomba lari sejauh 170-200km dari Jakarta ke Bandung sejak 2017. Kala pertama dan kedua diadakan saya hanya bagian support teman-teman seangkatan yang ikut lari. Waktu penyelenggaraan ketiga tahun 2019, seorang teman mengajak untuk ikutan lari. Tentu saja bukan lari single sejauh 200km, hanya dalam kelompok Relay 18 orang yang berarti masing-masing lari sekitar 10-13km.

Wow! Lari 10km? Satu atau dua kilometer saja tidak terbayangkan sebelumnya. Teman saya ini meyakinkan kalau saya pasti bisa, sementara saya masih ragu-ragu, apalagi pada usia sudah tidak muda lagi ini. Bayangannya sudah “engap” saja napas. Dengan bekal latihan pernapasan yoga selama ini, kata teman saya, saya pasti bisa berlari dengan baik.

Akhirnya saya bilang saya mau terima tantangannya, tetapi minta ditempatkan di etape yang datar. Untuk persiapan menuju event besar tersebut, tiga bulan sebelumnya saya latihan jogging di sekitar rumah. Benar, baru lari 500 meter saja sudah terengah-engah. Beberapa teman yang sudah lari sebelumnya meyakinkan lama-lama nanti akan terbiasa dan menemukan pola napas dan cara berlari yang sesuai dengan profil tubuh.

Lalu saya membekali dengan menyimak cara berlari yang benar di YouTube, saya terapkan dan memang beberapa kali latihan kemudian sudah kuat berlari sampai 1-2km tanpa henti. Jarak 5 km adalah target berikutnya dan dalam beberapa minggu akhirnya saya mampu berlari sejauh 5km dengan pace yang sedang saja.

Untuk menguji mental dalam lomba, saya memutuskan ikutan event lari sebelum menuju “The Big Day”. Acara run race pertama yang saya ikuti adalah Charity Run di Kebun Binatang Ragunan yang diadakan oleh Habitat Foundation. Saya mengambil jarak 5 km. Beberapa hari jelang acara lari tersebut sudah deg-degan saja. Bahkan malam sebelum race saya hampir tidak bisa tidur. Memang terdengar LEBAY… Hahaha harap maklum, ini yang pertama kali seumur-umur.

Hari perlombaan pun tiba. Pagi-pagi saya sudah menuju Ragunan menggunakan GoJek. Jadwal mulainya memang jam 6 pagi dan peserta sudah harus berkumpul di tempat sekitar jam 5 pagi. Ketika bendera Start dikibaskan dan semua peserta berlari, rasanya lega. Akhirnya ikutan bersama ribuan pelari menyusuri kandang-kandang binatang. Oleh karena memang tidak ada target, saya berlari sekuatnya saja. Kalau lagi kuat ya agak kencang, kalau sedang merasa tidak nyaman ya diperlambat. Dalam berlari saya pantang berjalan kaki karena pengalaman saya setelah berjalan kaki untuk memulainya akan terasa lebih berat. Jadi, saya jogging meskipun dengan kecepatan yang paling rendah sambil mengatur napas.

Akhirnya, finish juga di race pertama saya ini. Hadiah medali finisher cukup membahagiakan bagi pelari pemula ini. Dari race pertama ini mulai muncul semangat mengikuti race yang lain. Baru menyadari ternyata lomba-lomba lari jenis 10K-an ini banyak banget di Jakarta. Akhirnya saya ikut beberapa lomba lari yang 5K-an saja sebelum akhirnya tiba BNI ITB UltraMarathon (UM).

Rasa deg-degan ternyata masih ada jelang UM ini. Maklum ini akan jadi lari lebih dari 10K pertama saya, sebelumnya saya hanya ikut tiga kali lari 5K. Dan ini akan berlari estafet dengan teman-teman yang lain dalam satu grup. Saya kebagian lari sekitar 12km di dalam Perumahan Kota Baru Parahyangan, tiga etape sebelum finish di Kampus ITB.

Alhamdulillah, saya dan teman-teman dapat menyelesaikan lomba lari ini dengan selamat, tercapai target waktu yang diinginkan.

(Bersambung)

One thought on “Mari Berlari (tidak dari Kenyataan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s