Cara Install Pokemon Go di Android dan iPhone

pokemon-go-compilation_2058.0.0
Pokemon Go yang sedang hits. (Sumber: polygon)

Ah!kamu ke mana aja kalau gak tahu serunya game Pokemon Go. Dalam beberapa hari terakhir perbincangan tentang game Pokemon Go semakin gencar. Pokemon dikenal pertama kali pada era 90-an melalui permainan di Gameboy dan trading cards (permainan kartu) serta film seri. Kini game yang berupa permainan menangkap para monster itu hadir lagi di smartphone berbasis iOS (iPhone) dan Android.

Pokemon Go ini semakin seru karena menggunakan location-based augmented reality yang artinya memasukkan waktu dan lokasi si pemain. Lokasi permainan ini benar-benar ada di sekitar pemain dan sesuai waktu atau kondisi saat itu sehingga menimbulkan kesan seola-olah para monster itu berada di sekitar kita.

Pokemon Go yang dikembangkan oleh Niantic dirilis pada 6 Juli 2016 terbatas hanya untuk wilayah Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru. Lalu bagaimana kita yang di Indonesia atau wilayah lain dapat memainkannya? Semua ada trik-nya untuk bisa memainkan game ini sebelum secara resmi diluncurkan untuk wilayah kita. Ikuti cara-cara berikut ini.

Cara Install Pokemon Go di Ponsel Android

Pertama-tama kita harus memasang setting ponsel kita untuk bisa mengunduh aplikasi di luar Play Store. Caranya, masuk ke Setting – Security dan pasang posisi ON di bagian yang memperbolehkan  mengunduh aplikasi di luar Play Store.

unkownsources-650-80

Setelah itu, kita unduh Pokemon Go Apk file di sini. Tap saja tombol “Download APK” dan pilih “OK” ketika ada peringatan akan mengunduh Pokemon Go di ponsel kita. Setelah file terunduh, geser ke bawah bagian atas ponsel dan tap file tersebut lalu pilih “Install”. Lalu buka aplikasi Pokemon Go yang kini ada di layar ponsel kita. Dengan mendaftar akun menggunakan email atau akun Google kita siap melakukan perburuan monster.

Cara Install Pokemon Go di iPhone

Untuk menginstall Pokemon Go di iPhone caranya agak sedikit berbeda. Pertama-tama kita harus mengubah lokasi melalui Setting dan General. Pilihlah lokasi Amerika Serikat (US), tempat Pokemon Go resmi telah dirilis. Setelah itu, sign out dari Apple ID yang sekarang kita miliki (biasanya untuk lokasi Indonesia). Caranya masuk ke Setting – iTunes & App Store, lalu tap Apple ID dan sign out.

pokegoitunes-650-80

Setelah urusan setting selesai, masuklah ke App Store yang kini telah berubah menjadi App Store versi US. Search Pokemon Go atau cari di bagian free game. Jika App Store kita belum berubah, coba restart iPhone dengan mematikan dan menyalakan kembali.

Setelah menemukan Pokemon Go di App store unduhlah, kita akan diminta memasukkan Apple ID. Pilihlah membuat Apple ID baru, buatlah Apple ID baru dengan memasukkan email baru, bukan email yang kita pakai untuk Apple ID Indonesia. Ikuti saja mengisi nama dan alamat serta hal lain selayaknya membuat Apple ID baru. Tapi, jangan lupa membuat alamat di US. Hal ini bisa kita lakukan dengan googling alamat di AS yang lengkap, termasuk nomor telepon. Atau kalau kita punya teman dan saudara di AS minta saja alamat dan nomor teleponnya. 🙂 Pilih juga Apple ID kita yang tidak terkait dengan kartu kredit, yakni dengan memilih “None” pada saat di bagian pembayaran.

Setelah pembuatan Apple ID US ini selesai, biasanya diakhiri dengan verifikasi email, masuk lagi ke App Store dan unduh Pokemon Go. Setelah selesai mengunduh dan ada ikon Pokemon Go di layar iPhone, buka dan buatlah akun dengan menggunakan email atau akun Google. OK, kita siap bermain. Selamat mencoba.

Sumber: techradar

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s