Karakter Berdasarkan Golongan Darah

shutterstock197334059-crop-600x338
Kepribadian seseorang sangat unik. Sumber: shutterstock

Ah!kamu kok kayak gitu sih. Setiap manusia memiliki sifat dan kepribadian yang unik, tidak akan persis sama antara satu dengan yang lain. Mungkin ada satu dua sifat seseorang sama dengan sifat orang lain, tetapi ada sifat lain yang berbeda. Hal itulah yang membuat interaksi seseorang dengan orang lain atau lingkungannya tidak sama.

Di tengah perbedaan-perbedaan tersebut, banyak ahli yang mencoba membuat kelompok besar sikap atau karakter manusia, salah satunya berdasarkan golongan darah. Setiap manusia memiliki golongan darah yang dikelompokkan menjadi empat, yaitu golongan darah A, B, AB, dan O.

Di Jepang sudah lebih dari 60 tahun lalu para pakar mengaitkan golongan darah dengan kepribadian seseorang. Bahkan di Jepang lebih umum orang menanyakan golongan darah daripada lambang-lambang astrologi terkait dengan kepribadian. Golongan darah ini juga menjadi salah satu pertimbangan dalam merekrut karyawan, mencari pasangan, dan digunakan untuk tujuan kampanye produk tertentu.

Di Kanada seorang ahli naturopati James D’Adamo dan putranya Peter D’Adamo melakukan riset terhadap kaitan golongan darah dengan kepribadian. Berikut hasilnya:

Golongan Darah A – cenderung kooperatif, sensitif, pandai, dan penyayang. Selalu berusaha menyenangkan orang lain, seringkali menahan emosinya hingga saatnya meledak. Banyak juga yang memiliki sikap panik, tidak sabar. Sebetulnya mereka mampu jadi pemimpin, tetapi sering tidak mengambil kesempatan tersebut karena mereka tidak suka dengan kondisi penuh stress. Mereka lebih cocok bekerja di riset, sains, dan industri manufaktur.

Golongan Darah B – cenderung hidup seimbang, pemikir seperti golongan darah A tetapi ambisius seperti golongan darah O. Mudah berempati dan memahami sudut pandang orang lain, tetapi sering tidak ingin mendapat tantangan atau berkonfrontasi. Dengan sikapnya yang mirip bunglon, mereka mudah berteman.

Golongan Darah AB – cenderung memiliki penampilan sangat menyenangkan dan populer. Tidak suka mempermasalahkan hal remeh temeh, mereka cenderung spiritual. Hanya sekitar 2-5% orang di dunia memiliki golongan darah AB. Tidak pernah ada hal membosankan dalam kehidupannya, sehingga beruntunglah jika Anda memiliki teman bergolongan darah ini. Akan tetapi, seperti halnya golongan darah A, orang-orang O cenderung tidak pandai menghadapi stress.

Golongan Darah O – cenderung penyendiri dan jadi pemimpin. Mereka mampu menghadapi stress lebih baik dibandingkan golongan darah lain. Mereka juga sangat intuitif, fokus, dan mandiri.

Mungkin saja hasil riset tersebut tidak sepenuhnya benar terhadap beberapa orang karena ada banyak faktor lain yang memengaruhi kepribadian. Akan tetapi, hal itu menarik sebagai pertimbangan untuk memperbaiki diri atau mengembangkan sikap dan kepribadian positif bagi orang dengan golongan darah tertentu. Memang tidak setiap orang bisa sama, tetapi yang terpenting adalah selalu berusaha menjadi lebih baik.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s