Mari Berkaraoke di Hape

Ak!kamu mulai ketagihan. Mungkin kamu sempat lihat postingan sebelumnya yang berisi link lagu coveran yang saya nyanyikan. Hehehe… Dalam beberapa minggu terakhir saya memang senang nyanyi-nyanyi ala karaoke, tapi lewat handphone. Ya, pakai salah satu aplikasi karaoke paling hits saat ini, Sing! Karaoke by Smule yang lebih ngetop disebut smule-an.

Sebetulnya saya sudah punya akun Smule sejak sekitar 2 tahun lalu di iPhone, tapi saat itu belum banyak punya teman. Masih nyanyi-nyanyi duet sama orang dari luar, kebanyakan Amerika. Smule memang pertama kali bikin app ini di iPhone, lalu berkembang ke Android. Oleh karena itu, ada banyak perbedaan fitur untuk versi iOS (iPhone) dan Android. Nanti akan saya ceritakan di bagian belakang.

Kembali ke Smule, di app ini kita bisa nyanyi solo (sendiri), duet, atau group. Ada ribuan lagu yang tersedia untuk kita nyanyikan. Cara untuk gabung sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi Smule Sing! Karaoke lewat Google Play (Android) atau App store (iOS/iPhone).
  2. Buatlah akun, bisa dilakukan via akun Facebook atau membuat akun baru dengan mendaftarkan dengan email baru. Setelah itu, isi username, bio dan foto seperti halnya kita mendaftar di media sosial.
  3. Taraaa… kita sudah siap bernyanyi dengan cara memilih lagu yang ada dalam segmen Songs (ada beberapa kategori lagu), lalu akan muncul pilihan mau bernyanyi solo, duet, atau group. Jika kita pilih salah satu darinya, akan muncul syarat kita harus menjadi anggota VIP dengan membayar langganan. Ada perbedaan biaya antara pengguna Android dan iPhone dalam hal ini. Untuk Android hanya Rp19 ribu per bulan, sedangkan pengguna iPhone harus membayar Rp45 ribu untuk mingguan, Rp149 ribu untuk bulanan, dan hampir Rp500 ribu untuk tahunan. Perbedaan ini pula yang menyebabkan fitur versi iPhone lebih lengkap dibandingkan versi Android.
  4. Save dan share ke media sosial lain seperti Facebook, Twitter, Path, instagram dll.

 

Perbedaan Sing! Karaoke by Smule versi iPhone dan Android:

  1. Di versi iPhone kita bisa merekam video sambil bernyanyi yang akan muncul saat kita share, baik saat solo maupun duet. Di versi Android hingga saat ini belum tersedia.
  2. Versi iPhone memiliki efek suara lebih banyak, selain yang standar ada di versi lain: Studio, Star, Indie, Grunge. Di versi iPhone ada Super Studio yang memungkinkan kita mengatur reverb, dan tone. Lalu ada juga Super Star.
  3. Di versi iPhone kita bisa mengulang bernanyi bagian tertentu yang baru saja kita nyanyikan dan rasa kurang bagus, jadi tidak harus mengulang sampai selesai satu lagu. Nah, di versi Android kita harus mengulang seluruh lagu.
  4. Di versi iPhone saat bernyanyi kita langsung bisa mengatur efek untuk masuk, tanpa harus menunggu selesai lagu. Di versi Android harus menunggu sampai satu lagu selesai dan mereviewnya.
  5. Suara hasil rekaman (recording) di versi iPhone terdengar lebih jernih dan meredam suara-suara di sekitar (entah ini pengaruh earpod iPhone atau memang di-setting dari aplikasinya).

OK, versi apa pun yang kita gunakan, sebetulnya yang penting kita happy bernyanyi-nyanyi sendiri, duet dengan teman atau bahkan dengan penyanyi aslinya. Ya, dalam setiap periode selalu ada penyanyi baru membawakan lagu baru mereka yang mengajak kita berduet. Kalau berani terima tantangan ini, tentu saja akan seru apalagi biasanya disertai video si artis yang bersanding dengan pengguna Smule yang gabung berduet. 😀

Advertisements

2 thoughts on “Mari Berkaraoke di Hape

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s