Ups… Maaf, Salah

Ah!kamu salah kaprah. Seringkali kita dengar dalam percakapan sehari-hari beberapa kata yang diucapkan secara tidak benar. Umumnya sih kata-kata dalam bahasa asing, setidaknya Inggris. Sebetulnya kita yang diajak bicara sih ngerti tapi kadang agak lucu aja dengarnya kalau kita tahu. Ada beberapa kata yang sudah jadi kesalahan umum.
Apa saja sih? Mari kita simak contohnya.

Legging
Tahu kan apa yang dimaksud? Ya, itu adalah model celana ketat melekat kaki berbahan kaos atau spandex dan sejenisnya. Kata ini sering diucapkan lejing, padahal yang betul adalah leging.

lb-rgb-08
Legging dibaca leging, bukan lejing

Log in
Di internet kita sering menemukan istilah ini, terutama saat masuk ke email atau media sosial atau website yang membutuhkan keanggotaan. Kata ini sering diucapkan lojin, padahal yang betul adalah log in (persis seperti tulisannya).

Medsos atau sosmed?
Kedua kata tersebut merujuk pada kata-kata media sosial atau social media. Sebetulnya pengucapan kata ini tidak terlalu salah, tapi lebih pada ketidakkonsistenan berbahasa.

Medsos adalah kependekan dari media sosial dan kata inilah seharusnya yang lebih tepat saat berbahasa Indonesia. Sedangkan kata sosmed atau bila dipanjangkan jadi sosial media yang tentu saja tidak tepat. Dalam bahasa Inggris istilah ini adalah social media. Dari situlah kekeliruan bermula.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s